SATU UNTUK SEMUA, SEMUA UNTUK SATU

Ikhlas Bhakti Bina Bangsa Berbudi Bawa Laksana

IKhlas Bhakti Bina Bangsa Berbudi Bawa Laksana karena memiliki arti antara lain :

1.    Ikhlas Bhakti Bina Bangsa artinya ikhlas dan bersungguh – sungguh membela tanah air.tercinta dan ikut membina masyarakat bangsa Indonesia.

2.    Berbudi Bawa Laksana, artinya kebijaksanaan adalah bentuk kepedulian terhadap kebersamaan dan keteguahan bangsa.Indonesia.

Implementasai dalam kamus besar.bahasa Indonesia merupakan penerapan penggunaan dan pelaksanaan. pengertian diatas memperlihatkan bahwa kata implementasi bermuara pada aktivitas, adanya aksi, tindakan, atau mekanisme suatu sistem. Ungkapan mekanisme mengandung.arti bahwa implementasi bukan sekadar aktivitas, tetapi suatu kegiatan yang terencana dan dilakukan secara sungguh-sungguh berdasarkan acuan norma.tertentu untuk mencapai tujuan kegiatan. Oleh karena itu implementasi tidak berdiri sendiri tetapi dipengaruhi oleh obyek yang menyertainya.

Gerakan Pramuka Indonesia adalah nama organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan yang dilaksanakan di Indonesia. Kata pramuka merupakan singkatan dari Praja Muda Karana, yang memiliki arti Rakyat Muda yang Suka Berkarya. Atau Gerakan pramuka adalah gerakan kepanduan praja muda karana. Oleh krena itu pramuka adalah sekelompok pemuda–pemuda yang aktif dalam kepramukaan, serta mengemalkan satya pramuka dan dharma pramuka. Adapun pengertian pramuka menurut para ahli, antara lain :

1.    Kepramukaan bukanlah suatu ilmu yang harus dipelajari secara tekun. Kepramukaan adalah suatu permainan yang menyenangkan di.alam terbuka, tempat orang dewasa.dan anak-anak pergi bersama, mengadakan penembaraan seperti kakak beradik, membina kesehatan dan kebahagian, ketrampilan dan memberi pertolongan. (Menurut Bapak Pandu Dunia, Lord.Boden Powel ).

2.    Kepramukaan ialah proses pendidikan luar sekolah dan di luar keluarga dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat,.teratur, terarah, praktis yang dilakaukan dialam terbuka dengan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode kepramukaan yang sasaran akhirnya Pembentukan watak. (AD Gerakan Pramuka bab III pasal 8 ayat 2, point a).

3.    Kepramukaan merupakan proses kegiatan belajar sendiri yang progesif bagi kaum muda untuk mengembangkan diri pribadi seutuhnya baik fisik, nonfisik, intelektual, emosional, sosial dan sepiritual sebagai individu dan sebagai anggota masyarakat. (ART Gerakan Pramuka bab III, pasal 6.ayat 2) Jadi implementasi gerakan pramuka dalam pembangunan karakter adalah proses penerapan, penguunaan dan pelaksanaan gerakan pramuka untuk pembentukan moral, mental, fisik dan intelegasi seorang pramuka yang rohaniah dan jasmaniah yang kuat, ulet serta besar tekatnya dalam berdisiplin dalam kepentingan bangsa.

3 responses

  1. Ikhlas bakti bina bangsa berbudi bawalaksana;-)

    30 April 2013 pukul 7:02 PM

  2. Rias

    Salam Pramuka,
    Tulisan diatas sangat informatif.
    Untuk menambah wawasan tentang semangat dan
    cita-cita para pemuda & pemudi harapan bangsa
    agar menjadi manusia yang mandiri dan tangguh
    demi kesuksesan dirinya juga bangsanya.
    Salam.
    Mabigus Jakarta Pusat 04-368

    3 September 2013 pukul 12:26 AM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.